Jepara, 15 Mei 2023. Bertempat di Hotel Sekuro Village Jepara, sebanyak 390 peserta yang dibagi dalam 3 (tiga) gelombang dalam 3(tiga) hari mulai 15 sd 17 Mei 2023, mengikuti Bimbingan Teknis Penerapam Evaluasi Diri Madrasah dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah berbasis elektornik (e-RKAM). Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang ada di wilayah Kab. Jepara.
Salah satu Program Prioritas Menteri Agama RI adalah Digitalisasi Layanan. Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan dan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan, tutur Akhsan Muhyiddin, Ka. Subbag TU Kantor Kementerian Agama Kab. Jepara dalam sambutan arahan.
Dalam wujud reformasi birokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan nasional serta untuk mewujudkan pelayanan yang baik dan berkualitas maka Kementerian Agama membuat layanan berbasis digital yang disebut dengan EDM dan e-RKAM.
Dalam arahan, Akhsan Muhyiddin meminta peserta agar mengikut kegiatan Bimtek dengan serius dan disiplin, sehingga setiap materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik dan dapat diaplikasikan, “ikuti bimtek ini dengan serius dan disiplin, kuasai materi, jika tidak paham tanyakan dan diskusikan sampai benar-benar paham”.
Lebih lanjut Akhsan berharap “Madrasah mampu mengalokasikan secara tepat sumber dana yang ada untuk kegiatan yang mendorong pencapaian Standar Nasional Pendidikan” harapnya.
“Penerapan e-RKAM ini menjadi bagian dari implementasi Proyek Reformasi Kualitas Pendidikan Madradah atau Realizing Education’s Promise – Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) yang berlangsung selama 5 Tahun dari 2020 hingga 2023” Jelasnya.
Tujuan dari penerapan EDM dan e-RKAM diantaranya adalah Proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan madrasah berbasis indicator-indikator kunci yang mengacu 8 standard nasional pendidikan. Adanya sinergitas antara Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator sehingga memiliki persepsi yang sama. Madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Untuk mewujdukan madrasah yang hebat, madrasah yang bertabat dan bersahabat. (*ahmy*)